REDAKSI MEDIA CONTREND SELAYAR DAN ADMIN BLOG MEDIA SELAYAR MEMINTA MAAF ATAS TIDAK LANCARNYA UP-DATE INFORMASI AKIBAT GANGGUAN JARINGAN IT YANG DIGUNAKAN KIRIMKAN TERUS INFORMASI, KEJADIAN DAN PERISTIWA YANG TERJADI DISEKITAR ANDA MELALUI LAYANAN SMS ELSHINTA 081 180 6543 KIRIMKAN INFORMASI LIPUTAN ANDA KE LAYANAN SMS MEDIA SELAYAR 081241927000

ADMIN SEMENTARA MELAKUKAN PERBAIKAN

TOP THIS BLOG

Media Selayar. Diberdayakan oleh Blogger.

Latest Post

Medianya Orang Selayar

Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Silaturahmi

Penulis Media Selayar on Minggu, 24 Februari 2013 | 22.01.00

Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH bersilaturrahim dengan masyarakat Kelurahan Benteng Selatan usai Sholat Magrib di Mesjid Nurul Jihad Bonehalang, Rabu (20/2). Kegiatan silaturrahim ini merupakan salah satu rangkaian untuk menjaring aspirasi masyarakat terkait pelaksanaan pemerintahan di Kepulauan Selayar.
Rencananya 2 Kelurahan lainnya di wilayah Kecamatan Benteng yakni Kelurahan Benteng dan Kelurahan Benteng Utara akan di kunjungi oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar. Sesuai agenda, kegiatannya akan berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 Pebruari 2013.
Wakil Bupati mengatakan terkait pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Selayar, ia ingin mendapatkan masukan serta kritikan dari masyarakat sebagai bahan evaluasi dalam pelaksanaan pembangunan ke depan. Dikatakan, saat ini tingkat kritisi dan kebutuhan masyarakat semakin variatif dan menuntut adanya prioritas pelayanan dan perencanaan yang baik.
”Kami sebagai penyelenggaraan pemerintahan akan banyak nguping dari masukan dan kritikan masyarakat, karena dalam menetapkan program-program dan kegiatan kebijakan pembangunan perlu adanya masukan dari masyarakat,” kata Saiful Arif.
Mengisi jedah waktu luang antara Magrib dengan Isya, Wakil Bupati mengarapkan agar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bersilaturrahim, karena Mesjid tidak hanya digunakan untuk Sholat tetapi bisa juga dimanfaatkan dengan kegiatan lainnya yang bernilai ibadah. Gema Tadarrus Al-Qur’an setiap malam Jumat di mesjid-mesjid agar  tetap di pertahankan, ”imbau Saiful Arif”.
Wakil Bupati yang berdialog langsung dengan masyarakat setempat memerintahkan kepada para pimpinan SKPD yang turut hadir, agar dapat menindak lanjuti sejumlah aspirasi masyarakat yang terungkap dalam dialog tersebut. (IM/Humas)

Pemegang Kontrak Penerbangan Subsidi, Hanya Siapkan Pesawat Twinotter

Penulis Media Selayar on Rabu, 20 Februari 2013 | 16.35.00

Kendati belum mengantongi beberapa adminisrasi lengkap di bandara Hasanudin Makassar sebagai maskapai yang akan mengoperasikan  armada pesawat terbang  jenis Twin Otter kapasitas 18 seat namun Maskapai Penerbangan Aviastar sebagai pemenang tender penerbangan bersubsidi puluhan Miliar Rupiah dari  pemerintah pusat  telah melakukan  penerbangan perdana  ke Bandara Aroepala Kabupaten kep.Selayar pada Minggu (17/2).

M.NATSIR Ka. T.U Bandara Aroepala Padang Selayar  (19/2) menjelaskan bahwa pesawat TwinOtter berkapasitas 18 penumpang yang melakukan penerbangan perdana ke Selayar pada hari Minggu kemarin adalah pesawat yang didatangkan oleh PT Aviastar untuk melayani penerbangan sekali seminggu ke Bandara Aroepala Selayar dari Bandara Hasanudin Makassar selanjutnya pesawat tersebut juga akan melayani penerbangan Bandara Aroepala Selayar ke Bandara Bima di NTT.  Jalur penerbangan yang akan dilayani oleh Maskapai Aviastar ini adalah merupakan jalur penerbangan bersubsidi oleh pemerintah pusat namun M Nasir tidak menyebut besaran subsidi penerbangan yang dialokasikan. M.Nasir juga menuturkan bahwa saat ini memang ada beberapa hal administrasi dari armada yang dioperasikan melayani jalur ini sementara dalam pengurusan sebagai kelengkapan persyaratan penerbangan di bandara Hasanudin Makassar oleh pengelola maskapai dan secara tegas menyatakan bahwa hal ini tidak melanggar ketentuan karena PT Aviastar adalah pemegang konrak subsidi penerbangan ke Selayar untuk tahun 2013. Sementara untuk ketidak lengkapan beberapa hal tersebut ditambahkan oleh M Natsir tidak akan mempengaruhi adanya klaim santunan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam operasinya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa rencana masuknya maskapai penerbangan Nasional Merpati ke bandara Selayar Sul-sel kembali tertunda yang sebelumnya direncanakan akan melakukan penerbangan perdana pada hari Selasa (19/2).

Dari catatan redaksi bahwa jalur penerbangan ke Bandara Aropala Selayar yang  mendapat subsisidi pemerintah pusat puluhan Miliar rupiah pada tahun anggaran 2012 yang dilaksanakan oleh maskapai penerbangan SMAC sebagai pemegang kontrak penerbangan subsidi tidak dapat melakukan pelayanan penerbangan selama setahun akibat armada yang tidak mendukung, sehingga kontrak setahun kemudian hanya terlayani sekitar 3 bulan lamanya. selanjutnya di isi oleh maskapai penerbangan komersil namun juga tidak dapat melakukan palayanan yang maksimal.

Sementara , kepada  Sigit S Sekretaris Forum Peduli Selayar yang mengaku ikut menyaksikan penerbangan perdana Aviastra menyatakan prihatin dan sangat menyayangkan tidak berkembangnya penerbangan. Menurutnya ini adalah penurunan karena sebelumnya bandara ini dilayani oleh pesawat Jet dengan kapasitas 30 seat dan melayani masyarakat selayar hampir setiap hari karena ada juga maskapai lain yang ikut memberikan pelayanan transportasi melalui jalur penerbangan makassar Selayar. Kalau sebelumnya penerbangan ke selayar boleh dibilang setiap hari dalam sepekan malahan ada hari yang dilayani oleh 2 pesawat, dibanding  saat ini hanya sekali dalam sepekan itupun hanya tersedia 18 seat, apakah ini bukan sebuah penurunan ? ya namanya juga subsidi pasti perhitungannya harus pas  ungkap Sigit. (Redaksi)

Gotong Royong Menuju Masyarakat Bontomatene Yang Sehat

 Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar terus mensosialisasikan Program Kabupaten Sehat. Di tingkat kabupaten telah terbentuk Forum Kabupaten Sehat demikian juga di kecamatan telah lahir Forum Kecamatan Sehat serta di desa telah ada Kelompok Kerja Desa Sehat. Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar mendukung penuh program ini sehingga semua pihak optimis Kabupaten Kepulauan Selayar Sehat 2015 akan dapat tercapai.
Mewujudkan Kabupaten Sehat harus dibangun dari kecamatan dan desa sehat. Karena itu masyarakat dan pemerintah daerah bersepakat mengintegrasikan penyelenggaraan berbagai tatanan dalam menciptakan suatu kondisi yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.
Program Kabupaten sehat ini diharapkan mampu menggerakkan masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat secara jasmani juga rohani.  Organisasi kemasyarakatan yang ada diimbau turut berperan aktif melahirkan kegiatan yang mampu mendorong pembudayaan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut disampaikan Mariati Musytari, Koordinator Tim Pembina Kabupaten Sehat untuk Kecamatan Bontomatene beberapa waktu lalu di Aula Kantor Camat Bontomatene di hadapan Kepala Desa dalam rangka Sosialisasi Menuju Kabupaten Kepulauan Selayar Sehat.
Menurut Camat Bontomatene, Drs. Andi Massaile budaya gotong royong masyarakat yang sampai saat ini terus terpelihara merupakan potensi besar yang dimiliki masyarakat  Bontomatene dalam meraih kecamatan sehat. Pemerintah tinggal memanage saja potensi yang ada. Kerja bakti yang saat ini menjadi gerakan Jumat bersih bukan hal yang baru dalam masyarakat. Kebiasaan ini sudah berlangsung turun temurun.
Tugas penting yang dihadapi saat ini adalah pembenahan administrasi saja. Kebiasaan masyarakat menganggap administrasi tak dianggap perlu. Bagi mereka, menciptakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maka ketika  masyarakat tak lagi banyak sakit sudah dianggap berhasil.
Program pembangunan posyandu, MCK, pembangunan tanggul yang dilaksanakan Pemerintah Daerah serta berbagai LSM juga turut mempermudah tugas pencapaian kecamatan sehat. (IM/Humas)

Aliefyanto Lepas Sekretarisnya

Penulis Media Selayar on Sabtu, 02 Februari 2013 | 23.51.00

Pemberdayaan masyarakat adalah tugas terdepan Pemerintah, karena kesejahteraan dan kemakmuran hanya bisa dicapai oleh masyarakat yang berdaya. Oleh karena itu Badan Pemberadayaan Masyarakat harus mampu melaksanakan tugas dengan baik sebagai sebuah tim yang harus singkron antara satu dengan yang lain. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan  Kelurahan Kabupaten Kepulauan Selayar  Drs. Ahmad Aliefyanto, MM dalam sambutannya pada  acara perpisahan mantan  Sekretaris Bapemdeskel Hj. Nur Ummiyanti,M.Si yang sudah memasuki masa Purnabhakti (02/2) di Rayhan Resto Benteng Kepulauan Selayar.

Seorang Pegawai Negeri Sipil harus mampu melaksanakan tugas  dengan baik dan penuh dedikasi serta pengabdian khususnya dalam perannya sebagai pelayan masyarakat. Terkhusus, Mantan Camat Bontomanai ini  meminta kepada para stafnya untuk menauladani  Hj. Nur Ummiyanti  yang selama aktif memiliki dedikasi yang cukup baik sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Sementara itu Hj Nur Ummiyanti, PNS yang memulai karirnya sejak tahun 1985 ini, berpesan agar seluruh staf dapat bekerja dengan baik, dan penuh keikhlasan, karena pada intinya pengabdian kepada masyarakat Bangsa dan Negara adalah  Ibadah jika dilaksanakan dengan ikhlas. “ Saya jadi PNS sejak tahun 1985, dan pernah jadi pengawas di Bawasda lalu bergabung dengan Bappemdeskel, Menjadi pemeriksa dan menjadi terperiksa sudah saya jalani, yang jelas jika kita berjalan sesuai aturan yang ada  tidak ada yang perlu ditakutkan, dan kita bisa buktikan bersama bahwa selama empat tahun berturut-turut Bappemdeskel kepulauan Selayar bebas dari temuan” Demikian salah satu petikan sepatah Hj, Ummi dihadapan rekan-rekannya.

Perpisahan ini menjadi menarik, karena hal seperti ini jarang sekali dilakukan oleh Dinas, atau SKPD lainnya di Selayar. Acara yang menunjukkan penghargaan terhadap seorang yang memasuki purna bhakti hampir tidak pernah dilakukan sebelumnya, apalagi jika itu hanya seorang staf. Bahkan untuk membiayai acara perpisahan  tersebut, adalah merupakan swadaya dari seluruh staf (andre sunarta)

Tidak Sakit, Eh Diberitakan Stroke " Berita Bohong Namanya"

Andi Imran S.Sos
 Pemberitaan koran harian Seputar Indonesia  edisi Kamis (31/1) lalu dengan judul Bupati Selayar Sakit keras yang isinya memberitakan sebagian tentang dilarikannya ke Rumah Sakit  Bupati Selayar Drs.H.Syahrir Wahab MM akibat terserang stroke yang kemudian dilanjutkan dengan keberadaan Bupati di Jakarta yang simpang siur diantaranya memenuhi panggilan Kejagung karena sebuah kasus dinilai tidak benar. Sementara sejumlah warga mengaku menerima kiriman koran tersebut walaupun tidak berlangganan.

Sumber yang berada dilingkungan Rumah Jabatan mengaku kaget kalau ada pemberitaan seperti itu dan langsung membantah bahwa  Bapak tidak stroke, beritanya tidak benar malah mengarah ke bohong ujarnya. 

Sementara itu Kepala BPBD, H.Edi Sujarman yang dijadikan seorang sumber dalam pemberitaan tersebut membantah kalau dirinya pernah memberi penjelasan seperti yang ditulis pada berita dimaksud. Saya tidak tahu apa maksud mereka menulis saya sebagai sumber yang menyampaikan hal Bupati Kep.Selayar stroke di Jakarta sementara saya merasa tidak pernah menghubungi atau dihubungi oleh seseorang yang menanyakan tentang keberangkatan dan kesehatan Bupati.Kalaupun ada yang menanyakan seperti itu tentu saja sangat salah karena bukan kewenangan saya memberi keterangan tentang beliau.  Menurut H.Edi bahwa memang saya ke Jakarta dan sempat mengetahui kalau Bupati juga berangkat tapi saya bukan seperti yang ditulis dalam berita sindo tersebut kalu saya katanya mendampingi beliau. Saya hanya membantah hal ini karena isi pemberitaan itu seakan akan saya menyoal kalau Bupati sakit dan menyampaikan kepada mereka tegasnya.
 
Dihubungi ditempat terpisah, Humas dan Protokoler Daerah Kepala Bidang pemberitaan, Andi Imran S.Sos menyayangkan adanya berita tentang Bupati terserang Stroke di jakarta oleh koran Harian Seputar Indonesia edisi Kamis (31/1) pada halaman 13 kolom seputar Sul-sel dengan penulis bernama syamsir. Dan dari isi berita setelah saya baca ternyata perlu diluruskan bahwa keberangkatan Bupati ke Jakarta adalah memenuhi panggilan Bapak Presiden kepada Bupati/walikota dan Gubernur terkait persiapan pemilihan umum dan tentu saja dengan agenda lainnya, bukan yang seperti tertulis dalam berita tersebut memenuhi panggilan kejaksaan agung karena sebuah kasus. Lebih lanjut Imran membantah bahwa kantor pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tidak pernah sepi dan lengang pada jamkerja seperti yang diberitakan oleh koran tersebut dan membantah keras tentang keberangkatan pejabat selayar ke jakarta membesuk Bupati, hal ini palingtidak benar menurut saya, karena tidak ada sama sekali yang berangkat dengan tujuan membesuk Bupati, karena memang beliau tidak sakit dan tidak butuh dibesuk. Kalau berobat ke Rumah sakit , itu hal yang rutin dilakukan oleh Beliau apalgi memang beberapa hari belakangan ini beliau ada keluhan ngilu pada bagian lengan kiri, sehingga kemungkinan melakukan cek medis akan dilakukan. Sekali lagi berita tersebut harus diluruskan oleh pengelola agar tidak menjadi media yang menyebarkan informasi tidak betul adanya. Apalagi berita ini bagi saya tidak berbobot tegasnya. Tidak Sakit, Eh Diberitakan Stroke "  Berita Bohong Namanya.

Sementara itu dikonfirmasi melalui ajudan Bupati Kep.Selayar , Muh.Rusli (2/1) menegasakan bahwa kondisi Bapak tidak sakit karena stroke dan saat ini beliau dalam keadaan sehat dan menerima tamu di Makassar. Kami tidak di Jakarta lagi tapi di Makassar karena masih ada urusan dinas. Mengenai keberangkatan ke Jakarta juga dibenarkan bahwa menghadiri pertemuan Presiden bersama  seluruh Bupati dan Walikota serta Guberrnur se-Indonesia. Tentang berita itu beliau tidak tahu dan kalaupun ditahu oleh beliau paling juga akan diluruskan agar betul.  ujarnya. (tim)

Enjoy Usai Rekap, Personil Gelar Event Olah Raga Otak

Penulis Media Selayar on Senin, 28 Januari 2013 | 16.14.00

 Tahap rekapitulasi KPUD Tingkat Kabupaten Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sul-sel 2013 baru saja selesai. Hal ini berarti tugas berat KPUD di Kabupaten melewati tahap akhir, karena beban selanjutnya di kembalikan ke KPUD provinsi Sul-sel. Bagi staf Sekretariat KPUD Kabupaten Kepulauan Selayar,  tak menjadi soal siapa yang menang siapa yang kalah, yang pasti mereka sudah melaksnakan tugas membantu KPUD selayar untuk menyelesaikan tugas dalam setiap tahapan Pilgub di Selayar. Sesaat setelah kembali dari ruang pola kantor Bupati Kepulauan Selayar dimana rekap akhir tingkat kabupaten dilakukan puluhan staf Sekretariat KPUD memilih menghibur diri dengan bermain domino di halaman Kantor KPUD Selayar, yang juga diikuti oleh personil Pengamanan kantor KPUD dari polres Kepulauan Selayar.

Permainan Domino, adalah merupakan salah satu olah raga otak yang kemungkinan tidak relevan dengan staf-staf yang membutuhkan istrihat baik fisik maupun mental, akan tetapi permainan ini dianggap cukup menyenangkan karena mengalihkan dari beban kerja yang selama ini membuat staf KPUD Selayar kurang tidur dan kurang istirahat. “ Main domino pak, nyuci otak, hilangkan stress!” Ujar Pandi, salah seorang staf KPUD yang ikut bermain Domino.

Sementara itu, Brigadir Dahlan salah seorang personil PAM kantor KPUD yang berjaga sejak tahapan Pilgub  Sul-sel dimulai juga ikut bermain Domino. Kepada Rakyat Sul-sel Dahlan mengaku menikmati permainan tersebut, “ Biarmi berdiri, polisi kan sudah biasa berdiri” Jelas Dahlan yang sementara dihukum berdiri karena kalah poin dalam permainan tersebut.
Bukan hanya tentang permainan, kegiatan ini menandakan iklim politik yang sehat di Kabupaten Kepulauan Selayar, dimana meskipun Rekap Akhir sudah ditetapkan KPU kabupaten namun tidak ada riak ataupun protes dari pihak manapun, semua pihak menerima proses demokrasi Pilgub dengan hati terbuka, semoga saja hal demikian terjadi di seluruh kabupaten/ kota lainnya. (andre sunarta)


KNPI Kep.Selayar Pantau Perhitungan Suara Pilgub

 Pelaksanaan rekapitulasi perhitungan hasil suara tetap dalam Pilgub Sulsel 2013 di Kabupaten Kepulauan Selayar yang dilaksanakan oleh KPUD tak luput dari pengawasan dan pengamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kep.Selayar dengan menempatkan beberapa anggota dalam pelaksanaannya di ruang pola Kantor Bupati. Personil pengurus yang ditempatkan mengawal perhitungan rekap suara ini berjumlah 3 orang dengan masing dokumentasi dan data yang telah dikumpulkan disiapkan sebagai pembanding.

Koordinator Bidang Pemuda KNPI Kep.Selayar Mursalim S.Sos dilokasi perhitungan suara menjelaskan bahwa pemantauan yang dilakukan oleh KNPI kep.Selayar telah berlangsung sejak awal tahapan dan memang ini adalah bagian dari peran-peran pemuda Selayar dalam mensukseskan pesta demokrasi. Bukan saja dalam pilgub tapi dalam seluruh pesta demokrasi yang berlangsung diwilayah Kabupaten Selayar akan kami kawal. Menyangkut proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sul-sel tahun 2013 ini dinilai sukses kendati ada beberapa hasil evaluasi kami yang menyorot tentang bagaimana meningkatkan partisipasi lebih baik pada kegiatan yang akan datang.  Termasuk menyorot rendahnya partisipasi pemilih di wilayah Kecamatan Benteng. Yang seharusnya jauh lebih banyak dibanding dengan dapil lainnya karena Benteng adalah ibu kota Kabupaten. Ini menyangkut sosialisasi yang perlu digenjot termasuk bagaimana melibatkan semua stakeholder dalam masa persiapan sehingga sosialisasi semakin merata. Mursalim juga menegaskan bahwa bagaimanapun hal ini adalah tanggungjawab pelaksana pemilu dalam hal ini adalah KPUD namun tidak semua kesalahan adalah tanggungjawab pelaksanan namun harus cari tahu motif dan modusnya. Ini menyangkut peran serta pemerintah dan lapisan masyarakat yang juga mempunyai tanggungjawab.
 Terakhir  secara tegas Mursalim menyatakan bahwa peran KNPI Kep.Selayar dalam Pilgub 2013 Sulsel tetap netral.

Dari catatan KNPI Kep.Selayar, Kpud kep.Selayar telah menetapkan hasil akhir rekapitulasi tingkat Kabupaten ( 28/1) menempatkan Pasangan Nomor Urut 2 DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH.,M.Si,MH -  Ir.H. Agus Arifin Nu’mang  sebagai peraih suara terbanyak  yaitu 45.324 Suara atau 66,21% , disusul pasangan No Urut 1  Ilham Arif Sirajuddin - Azis Kahar Muzakkar meraih suara 20.464 atau 29,89%, dan Pasangan No urut 3 Rudianto Asapa- Andi Nawir Pasinringi  meraih 2.672 suara atau 3,90 %.  Sementara untuk data pelaporan dugaan terjadinya pelanggran Mursalim mengelak dan menyebut tanyakan ke pihak terkait. (Tim)

Hasil Rekap KPUD Kep.Selayar No.1 : 29,89% No. 2 : 66,21%, No.3,90 %.

KPUD kabupaten Kepulauan Selayar menetapkan hasil akhir rekapitulasi tingkat Kabupaten dalam rapat Pleno terbuka yang dilaksanakan pada hari Senin ( 28/1) di ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar.  Rekap KPUD Selayar  menempatkan Pasangan Nomor Urut 2 DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH.,M.Si,MH -  Ir.H. Agus Arifin Nu’mang  sebagai peraih suara terbanyak  yaitu 45.324 Suara atau 66,21% , disusul pasangan No Urut 1  Ilham Arif Sirajuddin - Azis Kahar Muzakkar meraih suara 20.464 atau 29,89%, dan Pasangan No urut 3 Rudianto Asapa- Andi Nawir Pasinringi  meraih 2.672 suara atau 3,90 %.

Rapat pleno terbuka KPUD dengan agenda Rekapitulasi akhir perhitungan suara dan partisipasi pemilih tingkat Kabupaten selain dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPUD Kep.Selayar, juga dihadiri oleh Anggota KPUD Provinsi ST.Nusra Azis, Seluruh ketua dan anggota PPK, serta  saksi-saksi masing-masing Pasangan Calon. Turut hadir sebagai Undangan Wakil Bupati H. Saiful Arif,SH, Unsur Muspida, beberapa kepala SKPD, Tokoh Agama, Pemuda, pers  dan Undangan lainnya.

Jumlah Partisipasi pemilih di kabupaten kepulauan Selayar dalam Pilgub Sul-sel 2013 sebesar  78, 12 %  dari DPT sebanyak 88.523 dan  19.367 diantaranya tidak menyalurkan hak pilihnya. Ketua KPUD kepulauan Selayar Zulfinas Indra Kepada rakyat Sul-sel Senin 28/1 mengatakan bahwa angak tersebut masih melebihi target KPUD.  ” Angka Partisipasi pemilih di selayar sebanyak 78,12 Persen ini melampaui target kita di KPUD sebesar 70%, meskipun diakui bahwa  raihan ini turun dibandingkan Pilkada Bupati tahun 2010 lalu  dimana kami dapat meraih angka 82 Persen lebih, ini sangat wajar karena antusiasme masyarakat terhadap Pilkada  lebih tinggi  dibanding Pilgub,” Jelas Zulfinas.   KPUD Selayar juga merilis jumlah  suara sah sebanyak 68.460 dan  tidak sah  sebanyak 696 atau 1,01%  di 300 TPS yang ada.

Dari pantauan rapat Pleno terbuka KPUD ini  dikawal ketat oleh Aparat Kepolisian dari Polres kepulauan Selayar, serta anggota TNI dari Kodim 1415 selayar, termasuk  di Kantor KPUD Selayar, hingga rapat ditutup situasi tetap kondunsif. (**)

DPRD Kep.Selayar Terima RAPBD Kep.Selayar TA 2013

 Pemerintah Kabupaten Kepulauan selayar mengusulkan Anggaran Pendapatan sebesar  602,25 Milyar pada tahun 2013 ini, angka ini meningkat 15,24 persen jika dibandingkan penganggaran Tahun 2012 yang hanya sebesar 522, 61 Milyar. Sementara Anggaran Belanja daerah direncanakan sebesar  632,88 Milyar , meningkat  19,73 %  jika dibandingkan anggaran  tahun 2012 sebesar  528,61 Milyar.  Dengan demikian Kab. Kepulauan Selayar mengalami Depisit sebesar 30,63 Milyar lebih. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Kepulauan Selayar Sabtu 26/01 dengan agenda penyerahan naskah Nota Keuangan dan Ranperda APBD  Kab. Kepulauan Selayar TA 2013.  Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Hasanuddin Chaer,BA dan diikuti  oleh seluruh Ketua dan Anggota  Komisi DPRD. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Selayar, Drs. H. Syahrir Wahab, Wabup H. Saiful Arif, SH, unsur Muspida, para kepala SKPD, Camat, Lurah, Kades, ketua BPD serta para undangan
Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar merencanakan  pengalokasian anggaran belanja Belanja tahun 2013 antara lain Belanja tidak langsung sebesar 299,95 Milyar, belanja pegawai 247,82 Milyar , Bantuan Sosial 1,5 Milyar, Bantuan Desa dan Parpol 48,13 Milyar , belanja tidak terduga 1 Milyar.
Peningkatan jumlah APBD TA 2013 dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya  Peningkatan PAD dari  19 Milyar tahun 2012 naik  10 %  tahun ini yakni 21,26 Milyar, sektor pajak dan retribusi juga naik 18,76 persen, Dana perimbangan juga naik 16,97 %. sebesar 523,3 Milyar dari 447,38 Milyar Tahun 2012, Dana Alokasi Khusus juga  naik 61,35 % sebesar 75,15 Milyar, dana bagi hasil naik 23, 54%  serta  lain-lain pendapatan daerah yang sah juga mengalami peningkatan sebesar 3,19 % atau sekitar 1, 78 Milyar.
Dalam laporan pengantarnya, Bupati kepulauan Selayar menjelaskan bahwa, pada tahun 2013 ini Depisit anggaran  tidak ada , karena  dapat ditutupi dengan Pembiayaan daerah .(andre sunarta)

Mobil Dokter Vs Truk Diperempatan Mkr Bonto Benteng Selayar

Tabrakan antara Mobil truk dengan Mobil Dinas dengan nomor polisi DD 52 J milik pemerintah Kabupaten Kep.Selayar  Sabtu (27/1) di perempatan Jalan. KH Dewantara  dan jalan Muh. Krng Bonto Benteng Kab. Kepulauan Selayar  Pukul 15.00 wita cukup mengagetkan warga yang bermukim disekitar Tkp .  Dari pantauan,  Mobil  Dinas DD 52 J yang dikendarai oleh Dr. Ronald  tenaga medis  RSUD Kab. Kepulauan Selayar ringset pada  bagian depan dan mengalami kerusakan hingga bagian mesin dan penutupnya terbongkar, sementara truk  warna Putih  yang dikendarai  lel. Bashar mengalami kerusakan pada bagian body mobil bagian kanan hingga ke bagian roda. Saking kuatnya tabrakan hingga mengagetkan warga dari suara benturan keras yang ditimbulkan saat kedua mobil bertabrakan.
 Dokter  Ronald  salah satu korban  tidak mengalami luka serius, namun  terlihat shock setelah  kejadian tersebut. ia mengaku  menyerahkan kasus tersebut kepada pihak Kepolisian .

Menurut  salah seorang saksi mata yang melihat kejadian menjelaskan bahwa Mobil truk berwarna putih melaju  dari arah selatan Jln. KiHajar Dewantara menuju arah utara,  sementara  ia melihat Mobil warna silver tiba-tiba sudah  berbenturan  ditengah perempatan. Saya juga kaget dan tidak melihat sebelumnya tiba-tiba sudah berciuman yang menimbulkan suara benturan cukup keras.  Memang disini cukup rawan Pak, seharusnya pihak terkait memasang rambu-rambu demi keselamatan lalu lintas.

Dari keterangan pihak Kepolisian lalulintas Polres Selayar yang berada di TKP  menyebut bahwa nama pengemudi mobil truk adalah Bashar dan barang bukti ke dua mobil naas  telah diamankan ke Mapolres untuk penyidikan lebih lanjut, sekaligus menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tsb. (andre sunarta)

Pemkab Kep.Selayar Peringati Maulid

Peringatan kelahiran Nabi Muhammad atau Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 H di Mesjid Agung Al-Umaraini, dirayakan dengan meriah oleh warga muslim Kepulauan Selayar, Sabtu (26/1) malam. Peringatan Maulid ini diselenggarakan oleh Pemkab Kepulauan Selayar bekerjasama dengan PHBI dan pengurus Mesjid Agung Al-Umaraini.
Sejumlah pejabat penting hadir, diataranya Bupati Syahrir Wahab, Ketua DPRD Hasanuddin Chaer, BA Wakil Bupati H. Saiful Arif, SH, Sekkab DR. H. Zainuddin, SH. MH Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua TP. PKK Hj. Norma Syahrir serta warga Muslim lainnya.
H. Syahrir Wahab mengatakan patut disyukuri karena daerah kita dikarunia oleh sumberdaya yang berlimpah. Untuk meningkatkan daya saing dengan daerah daerah lain maka sumber daya itu harus diolah dan dikembangkan. Etos kerja aparat dan masyarakat harus ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama.
Meskipun ada potensi ancaman kerusakan alam akibat cuaca ekstrim akhir-akhir ini, tetapi kita harus menghadapainya dengan menjalin persatuan dan kerjasama.
“ Bencana yang ada itu adalah merupakan peringatan dari Allah sebagai pembelajaran bagi kita semua. Harusnya kita harus menyadari itu semua, bahwa kerusakan itu terjadi akibat tangan-tangan manusia sendiri”. Kata Syahrir Wahab.
Ditambahkan sebagai umat Muslim hendaknya kita menyadari pentingnya perilaku hidup yang Islami. Hal ini dapat membentuk keseimbangan hubungan hidup antara manusia dengan sesama manusia, serta antara manusia dangan alam sekitarnya.
Sementara Ustadz H. Saiful Arif yang juga adalah Wakil Bupati Kepulauan Selayar dalam hikmah Maulidnya mengatakan, pada zaman perang uhud Rasulullah SAW pernah mengalami kerugian besar diakibatkan karena ketidakdisiplinan pasukannya. Hikmah dari ketidakdsisplinan adalah bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi merugikan orang lain. Penyakit kurang disiplin inilah yang banyak dihinggapi oleh umat manusia.
Selain itu kata Saiful Arif penyakit hati yang paling berbahaya dalam kehidupan manusia adalah iri hati. Penyakit ini biasa di namakan penyakit SMS alias susah melihat orang senang.(Im/Humas)

Sampan Induk Selayar Terus Kawal Perolehan Suara SAYANG 2

Penulis Media Selayar on Jumat, 25 Januari 2013 | 12.47.00

Kemenangan pasangan No urut 2 Sayang dari hasil perhitungan sementara Pilkada Sulsel periode 2013-1018  dari Partai Golkar membuat semua pengurus dan pendukungnya di Kabupaten Kepulauan Selayar bisa gembira dan lega. Hal ini nampak dari wajah para pengurus Golkar Selayar yang wilayahnya bertugas sebagai saksi dan pemantau dimenangkan telak oleh Sayang No urut 2.
 
Sementara itu Rasman Alwi ketua Sampan Induk Kep.Selayar sebagai pendukung pasnagan Cagub Cawagub Nomor urut 2 di wilayah pemilihan Selayar menyatakan rasa gembira dan rasa bangga kepada pemilih SYL bahwa memeilih SYL dan pasangannya Agus Arifin Nukmang sebagai pemimpin Sulsel adalah pilihan yang cerdas. Rasman menegaskan bahwa ini merupakan gambaran bagaimana masyarakat Kep.selayar masih menginginkan pemimpin yang memperhatikan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Selayar. Untuk perolehan suara dan hal-hal lain yang ditanyakan kepada Rasman diantaranya banyaknya informasi media mengenai telah terjadi kecurangan dan hal-hal lain yang dinilai salah prosudure, Rasman menjawab tegas bahwa seluruh bentuk pelanggaran selama terbukti dan mempunyai alat bukti haruslah ditindak secara hukum dan peraturan yang berlaku. Saya juga akan melaporkan beberapa hal kepada Panwaslu terkait laporan laporan dari para personil sampan induk yang melakukan pemantauan selama persiapan dan pencoblosan. tapi saya tunggu dulu bukti konnrit dan validasi data untuk kami ajukan ke panwaslu. Dan bila betul melanggar maka kami akan kawal hingga ke meja hijau.Dan yang pasti kami siap kawal hasil perolehan Suara SAYANG di Selayar hingga semuanya selesai. Rasman meminta maaf dan berterimakasih kepada masyarakt Selayar yang telah ikut serta menjaga pemilihan Gubernur Sul-sel di Selayar tetap berjalan aman dan Damai hingga saat ini. (redaksi)

Tidak Ada Laporan Pelanggaran Pilgub Di Selayar

  Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan WakiL Gubernur Sul-sel  2013 di wilayah pemilihan Kabupaten Kepulauan Selayar disebutkan tidak ditemukan adanya pelanggaran alias nihil pelanggaran, hal itu dilihat dari tidak adanya laporan masyarakat maupun temuan Panwaslukada Kab. Kepulauan Selayar selama tahapan hingga hari H pencoblosan. Hal tersebut ditegaskan oleh Drs. Sirajuddin Ketua Panwaslukada Kab. Kepulauan Selayar.

Sirajuddin, ketua Panwaslukada Kep.Selayar (24/1 ) menjelaskan bahwa  hingga penceblosan tidak ada laporan ataupun temuan Panwas di Wilayah Kab. Kepulauan Selayar. Untuk Panwas Kecamatan diakui bahwa  hanya Panwas kecamatan Benteng yang diinformasikan ada laporan, itupun sampai saat ini belum saya terima laporan resminya, yang saya dengar laporan tersebut mempermasalahkan banyaknya masyarakat yang tidak ada undangan pemilih, termasuk adanya warga yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Namun secara umum tidak ada laporan maupun temuan pelanggaran di Selayar, jelas Sirajuddin.

Kabupaten Kepulauan Selayar sendiri dari hasil perhitungan cepat (Versi desk Pilkada Kep Selayar) menempatkan Pasangan No Urut 2 Sayang sebagai pemenang pada posisi 66,32 % surat Suara, menyusul IA pada Posisi 29,67 % dan  Garuda’na 4,01% suara. Menyikapi hal tersebut Ketua Panwas Selayar mengatakan bahwa itu hasil perhitungan cepat, dan kita masih menunggu hasil rekap manual oleh KPUD.

Meskipun tanpa pelanggaran ada hal penting yang menjadi perhatian panwaslukada kabupaten Kepulauan Selayar, yakni rendahnya tingkat partisipasi pemilih. Dari laporan anggota Panwaslukada yang bertugas dilapangan menunjukkan angka partisipasi Pemilih menurun dibanding pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kep.Selayar tahun 2010 lalu, hanya sekitar 50 % hingga 60%  dari Wajib Pilih yang tercatat. Hal ini perlu dievaluasi bersama.

Ditanya mengenai faktor penyebabnya,  Sirajuddin mengatakan bahwa, yang perlu dibenahi pertama adalah DPT, karena hal ini tentunya sangat mempengaruhi wajib Pilih, sosialisasi juga harus ditingkatkan, dan tentunya ada beberapa  hal lain yang penting dan secepatnya menjadi bahan diskusi bersama, baik dengan penyelenggara, pemerintah dan pihak-pihak terkait. Pelibatan Aparat Desa/ Kelurahan seperti ketua RT/RK harusnya jadi prioritas dalam pendataan wajib Pilih karena mereka lebih mengenal masyarakatnya, ini untuk evaluasi masalah DPT yang bukan hanya menjadi masalah di Kepulauan Selayar tapi di Seluruh kabupaten pelaksana pemilihan. (Oi)

Belasan Kilometer Jalan Nasional Di Kab. Kep.Selayar Rusak

Jalan nasional sepanjang kurang lebih 100 Km di Kabupaten Kep.Selayar mengalami kerusakan. Dari seluruh panjang jalanan ada beberapa ruas yang mengalami kerusakan ringan, sedang  dan berat. Malah ada ruas yang mulai terkikis  air laut saat terjadi bencana alam gelombang air laut pasang di Selayar pada awal bulan Januari 2013 kemarin. Bukan saja jalan nasional yang mengalami kerusakan tapi jembatan pun mengalami hal sama. Tercatat dimeja redaksi jembatan ruas Jammeng Kecamatan Bontosikuyu dan Jembatan Sungai Lebo saat ini masih belum dapat dilalui.

Jalan Nasional di poros pelabuhan Pamatata tepatnya di tanjung Buki atau setidaknya berada di KM 18 dan 19 Ibu Kota Benteng misalnya mengalami kerusakan cukup parah hingga sampai ke tengah badan jalan terkikis gelombang pasang akibat rusaknya tanggul penahan gelombang di sebalah barat jalanan tersebut. Kerusakan ini cukup menggangu lancarnya arus transportasi. Selain uitu diporos Selatan tepatnya di ruas Bianga Benteng - Turungan kecamatan Bontosikuyu yang merupakan jalan utama menuju ke pelabuhan Pattumbukang mengalami pengikisan hingga badan jalan tertutup lumpur dari bukit yang diterjang air laut pada saat gelombang pasang baru baru ini.

H.Saiful Arif SH Wakil Bupati Kep.Selayar yang dimintai konfirmasi mengenai hal ini membenarkan banyaknya jalan poros di wilayah pesisir barat Selayar yang rusak dan ini telah tercatat dan telah dilaporkan ke pemerintah pusat dalam kewenangannya mengenai jalan ini. Sementara untuk hal-hal yang dinilai bisa menggangu roda perekonomian dan merupakan jalan penyangga utama maka pemda dulu yang sementara berupaya sambil menunggu penanganan lebih lanjut pada level dan klass jalan yang rusak. Termasuk jembatan sungai Lebo yang dihantam banjir dan rubuh juga mendapat penanganan sementara dari Dinas pekerjaan Umum Kabupaten Kep.Selayar yang membangun jembatan darurat sebagai pengganti sementara sambil menunggu turunnya instansi terkait di propensi jelas H.Saiful  saat di konfirmasi menyangkut hal kemungkinan struktur bangunan dan perencanaan bangunan yang dinilai banyak kalangan tidak sesuai dan menyalahi bestek akibanya sangat mudah tumbang, H.Saiful Arif SH mengarahkan  mengkonfirmasi ke Instansi tehnis agar mendapat penjelasan secara tehnis. Yang pasti menurut Wabup Selayar ini bahwa kerusakan jalan nasional di sepanjang Kep.Selayar kurang lebih 100 Km akan segera mendapat penanganan Pemerintah .

Dari pantauan Rakyat Sulsel, bukan saja jalan dan jembatan yang rusak diterjang gelombang pasang akan tetapi tanggul penahan gelombang disepanjang pantai barat Selayar banyak yang rubuh ke laut akibat gelombang air laut pasang. (Tim)

ARSIP BERITA MEDIA SELAYAR

PEMBACA MEDIA SELAYAR

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend@yahoo.co.id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR