REDAKSI MC-I DAN ADMIN BLOG INI MEMINTA MAAF ATAS TIDAK LANCARNYA UP-DATE INFORMASIPADA BLOG MEDIA SELAYAR INI. KIRIMKAN TERUS INFORMASI, KEJADIAN DAN BENCANA YANG TERJADI DISEKITAR ANDA MELALUI LAYANAN SMS ELSHINTA 081 180 6543 KIRIMKAN UCAPAN SELAMAT HARI JADI SELAYAR KE LAYANAN SMS 081241927000

Semua Untuk Selayar

Home » » Menyusun Rencana Pemenangan Pemilu/Pilkada

Menyusun Rencana Pemenangan Pemilu/Pilkada

Penulis Media Selayar on Jumat, 21 Mei 2010 | Jumat, Mei 21, 2010

1. Menyusun Rencana Pemengan Pemilu/Pilkada
Rencana Pemenangan Pemilu disebut efektif jika memuat kegiatan-kegiatan; tujuan pemenangan, strategi pemenangan, bauran pemenangan, deskripsi program, rencana pomosi, dan net building. Kegiatan pemenangan harus menghasilkan perolehan suara, dengan kata lain masyarakat pemilih memiliki keinginan untuk melakukan tindakan memilih tanda gambar/partai/calon yang kita usung.

Oleh karena itu partai/calon harus selalu konsisten kepada nilai-nilai yang berkembang di masyarakat. Sehingga kegiatan pemenangan tersebut dapat bermanfaat dengan baik. Orientasi kepada masyarakat merupakan faktor penentu bagi kesuksesan upaya yang dilakukan bagi pemenangan pemilu.

Proses pemenangan sebuah pemilu/pilkada dimulai dari menemukenali apa yang diinginkan masyarakat yang berkaitan dengan momentum pemilu/pilkada. Kita akan segera memasuki pertempuran yang sesungguhnya apabila sudah menemukenali apa yang diinginkan/diharapkan oleh masyarakat pemilih. Sehingga kita berupaya melakukan tindakan-tindakan untuk memenuhi kriteria yang diinginka masyarakat sehingga pada akhirnya mereka menentukan pilihan terhadap partai/calon yang kita usung.

Semua ini tidak terlepas dari konsep dasar pemenangan sebuah pemilihan baik itu pemilu/pilkada, yaitu berupaya menawarkan ide/program untuk memenuhi keinginan masyarakat baik yang bersifat tangible ataupun intangible.

Tujuan Kegiatan Pemengan Pemilu/Pilkada;
1.1. Segmen masyarakat yang menjadi sasaran kita mengetahui secara detail program/ide yang kita tawarkan dan partai/calon dapat memenuhi keinginan/harapan masyarakat.
1.2. Kader/Tim Sukses dapat menjelaskan secara detail program/ide yang ditawarkan kepada masyarakat pemilih.

2. Kegiatan Pemengan harus sesuai dengan misi partai/calon
3. Komponen Rencana Pemenangan
Salah satu komponen perencanaan pemenengan pemilu yang sangat penting adalah analisis pesaing dan analisis isu-isu yang sedang berkembang. Tujuan analisi ini adalah agar kita dapat menjelaskan secara detail pengaruh faktor-faktor eksternal seperti; peluang dan ancaman terhadap partai/calon kita. Meskipun untuk melakukan analisis ini sangat rumit tetapi memiliki banyak manfaat.
4. Analisis Pesaing
Informasi yang diperlukan dalam analisis pesaing adalah tentang program/ide yang ditawarkan, tim suksses/kader, strategi propaganda, kekutan dan kelaemahannya, dan hal lain yang berkaitan dengan kondisi pesaing.

5. Informasi tentang Pesaing
Informasi dapat diperoleh dari;
5.1. Website/situs pesaing
2. Kunjungan tim kita ke markas pesaing
4. Hadirlah pada pertemuan yang pesaing adakan.
5. Amati strategi pemenangan pesaing
6. Pelajari dokumen-dokumennya
7. Up date data secara intensif.

Analisis pesaing adalah memahami apa yang ada di benak partai/calon lain dengan cara melakukan pemetaan atas semua ide-ide yang tersembunyi untuk masa mendatang.
6. Analisis Isu-isu yang berkembang.

Share this article :

0 KOMENTAR TRENDERS:

ARSIP BERITA MEDIA SELAYAR

TRANS MEDIA GROUP

Pemuda Adalah Kekuatan

DPD  K N P I
 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 20 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend@yahoo.co.id-
CP-085 342 70 70 70-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR